Obesitas? Ini Waktu Yang Cocok untuk Olahraga


Membakar lemak dalam tubuh bukan hal yang mudah, akan tetapi ilmuan baru-baru ini menemukan waktu yang secara signifikan bisa memberikan dampak berbeda dalam hal membakar lemak ketika olahraga.

Dikutip dari The Sun, ilmuan asal Denmark menemukan perbedaan olahraga pada pagi hari dan malam hari. Hasilnya, tim mengklaim olahraga sebagai hal pertama yang dilakukan ketika menjalani hari bisa membakar lebih banyak lemak, bahkan beberapa jam setelahnya bisa meningkatkan jumlah kalori yang kamu bakar.

"Tampaknya ada perbedaan yang cukup signifikan antara efek olahraga yang dilakukan di pagi dan malam hari," kata Profesor Jonas Thue Treebak dari University of Copenhagen.

"Perbedaan ini mungkin dikendalikan oleh jam sirkadian tubuh," lanjutnya.

Untuk penelitian tersebut, tim menggunakan tikus. Ditemukan, olahraga pagi hari tampaknya meningkatkan kemampuan sel-sel otot untuk memetabolisme gula dan lemak. Hal itu bisa bermanfaat bagi orang yang kelebihan berat badan dan mereka yang mengalami diabetes tipe 2.

Akan tetapi ini tidak bisa membuat olahraga di pagi hari bisa jadi lebih unggul dibanding di malam hari. Di sisi lain, olahraga di malam hari meningkatkan pengeluaran energi dalam beberapa jam setelah olahraga.

"Atas dasar ini kita tidak bisa mengatakan dengan pasti mana yang terbaik, berolahraga di pagi hari atau berolahraga di malam hari," tutupnya.

"Pada titik ini, kita hanya dapat menyimpulkan bahwa efek dari keduanya tampak berbeda," tutupnya.

Belum ada Komentar untuk "Obesitas? Ini Waktu Yang Cocok untuk Olahraga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel