Update Terbaru Virus Corona di Indonesia


Jumlah pasien covid-19 di Indonesia per Rabu 15 April 2020 sudah mencapai 5.136 jiwa. Dan dari jumlah tersebut sebanyak 469 jiwa orang yang meninggal dunia dan 446 jiwa dinyatakan sembuh dari corona. Juru bicara pemerintah untuk penanganan kasus virus corona di Indonesia Achmad Yurianto menyatakan bahwa jumlah penambahan kasus covid-19 di Indonesia masih sangat tinggi. Dibandingkan dengan jumlah pasien pada sebelumnya sudah mengalami peningkatan sebanyak 297 pasien.

Saat pertama kali kasus corona di konfirmasi oleh pemerintah Indonesia pada 2 Maret lalu telah menunjukkan adanya peningkatan jumlah kasus pasien yang terpapar corona. Dan tidak hanya jumlah pasien saja yang mengalami peningkatan namun untuk wilayah penyebaran covid-19 di Indonesia juga sudah tersebar hampir di seluruh wilayah RI. Dan sampai saat ini DKI Jakarta masih merupakan salah satu provinsi yang memiliki jumlah pasien covid-19 paling banyak. Melihat perkembangan virus corona yang semakin menjadi jadi seperti sekarang ini maka dari itu Presiden Indonesia Joko Widodo telah menetapkan corona sebagai bencana nasional dengan menimbang berbagai macam kepentingan.

Karena jumlah peningkatan kasus yang cukup signifikan maka pemerintah Indonesia telah menerapkan berbagai macam kebijakan yang dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Indonesia. Langkah kebijakan tersebut antara lain seperti dengan memberlakukan aturan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar. Tidak hanya itu saja pemerintah juga telah menerapkan aturan dan kebijakan yang baru yakni setiap masyarakat sudah sangat diharuskan dan diwajibkan untuk menggunakan masker saat berada dari rumah.

Penggunaan masker ini merupakan salah satu himbauan yang dilakukan oleh WHO dan kemudian diteruskan oleh pemerintah Indonesia. Meskipun pada dasarnya memang masker hanya memiliki kemampuan kecil untuk menangkal penyebaran corona. Akan tetapi dengan menggunakan masker kain juga sangat membantu untuk mencegah skala kecil penularan covid-19. Penggunaan masker memang sudah menjadi suatu kewajiban dan ditambah lagi saat ini pemerintah juga telah menerapkan berbagai macam pertimbangan seperti work from home dan study from home untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Indonesia.

Mungkin semua orang juga sudah banyak sekali yang tahu bahwa kasus covid-19 ini tidak hanya berimbas pada lini kesehatan saja. Dampak yang ditimbulkan dari covid-19 sangat meresahkan karena mampu membuat perekonomian suatu negara tidak stabil. Termasuk salah satunya adalah Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari nilai angka tukar rupiah terhadap dolar yang semakin merosot dan diikuti dengan harga beli emas yang sudah semakin tinggi. Akan tetapi untuk pasokan makanan dan kebutuhan rumah tangga masih bisa dikatakan cukup normal. Meskipun memang ada banyak sekali pengusaha peternak ayam yang resah karena harga ayam yang semakin turun.

Kasus penyebaran covid-19 di Indonesia tinggi tetapi pada kenyataannya memang masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang menganggap remeh corona. Banyak dari mereka yang masih tetap saja berada di luar rumah untuk kepentingan yang tidak terlalu penting padahal pemerintah sudah menetapkan kebijakan untuk di rumah saja dan jangan keluar rumah bila memang bukan masalah yang penting. Pada dasarnya memang rakyat Indonesia banyak yang ngeyel dan mungkin bisa juga disebabkan karena pemerintah yang lamban dalam memberikan penanganan terhadap kasus virus corona di Indonesia. Tetapi sudah tidak ada waktu lagi untuk saling menyalahkan karena kita harus bekerja sama supaya kasus covid-19 di Indonesia segera berakhir. Untuk informasi lebih lanjut seputar corona bisa Anda dapatkan di aplikasi Halodoc.

Belum ada Komentar untuk "Update Terbaru Virus Corona di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel