Waspadai Faktor Penyebab Obesitas dari SehatQ.com Berikut!


Obesitas adalah kondisi tubuh dengan berat badan berlebih yang bisa memicu munculnya berbagai penyakit. Contohnya saja seperti risiko terjangkit penyakit jantung, stroke, diabetes, dan sederet penyakit lain. Kondisi seperti ini bisa menyerang siapa saja yang memiliki faktor risiko. 

Kebanyakan orang, menganggap bahwa dampak obesitas tersebut disebabkan oleh pola makan yang buruk. Padahal bukan itu saja, melainkan ada banyak faktor lain yang turut menyumbangkan kondisi tersebut. Lantas apa saja faktor penyebab yang dimaksud mempengaruhi kondisi kegemukan? 

Sejumlah Faktor Penyebab Obesitas

Menurut direktori penyakit SehatQ, terdapat sederet faktor yang menyebabkan seseorang memiliki kondisi dengan kegemukan. 

1. Genetik

Genetik atau faktor keturunan menjadi pemicu terbesar risiko obesitas. Penyebabnya adalah orang tua mewariskan gen pada anak yang bisa memengaruhi banyak hal. Termasuk kondisi jumlah lemak hingga cara kerja tubuh dalam metabolismenya. 

2. Kurangnya Aktivitas Fisik

Kurangnya aktivitas fisik dapat mengganggu proses pembakaran kalori dan penyerapan nutrisi. Sehingga nutrisi dan kalori yang seharusnya diproses tubuh saat bergerak, justru menjadi penumpukan lemak. 

3. Usia

Kondisi obesitas tidak terpaku pada usia, melainkan semua usia memiliki potensi mengalaminya. Hanya saja, pertambahan usia cenderung menyebabkan perubahan hormon dan gaya hidup yang kurang baik. 

Ditambah lagi, tubuh mengalami penurunan metabolisme dan mengurangi kebutuhan kalori. Alhasil, kondisi kegemukan pun tidak bisa dihindari tanpa mengubah pola hidup yang lebih sehat. 

4. Konsumsi Obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat-obatan, faktanya bisa menimbulkan efek samping berupa peningkatan berat tubuh. Diantaranya seperti obat antidepresan, antipsikotik, obat diabetes, anti kejang, steroid, dan lain sebagainya. 

Kinerja obat ini mampu mengubah fungsi tubuh maupun otak yang menyebabkan peningkatan nafsu makan. Kinerjanya juga sekaligus mengakibatkan penurunan metabolisme.

5. Stres

Pada beberapa orang, kondisi tubuh sedang stres bisa memicu nafsu makan yang meningkat. Khususnya jenis makanan manis yang bisa memperbaiki mood. Jika kondisi tersebut berlangsung terus menerus, maka penumpukan kalori, gula, maupun lemak akan sangat sulit dihindari. 

6. Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat, ternyata juga sangat memicu terjadinya kondisi kegemukan. Misalnya kesalahan diet dengan tinggi kalori, kurang tidur, kurang serat, serta sering mengkonsumsi makanan instan. 

Adapun makanan penyebab obesitas, seperti suka mengonsumsi gorengan, makanan manis, hingga minuman bersoda dan beralkohol juga bisa menjadi pemicunya. Anda harus tahu gaya hidup seperti apa yang memicu peningkatan berat badan.

7. Berhenti Merokok

Banyak orang, sering mengeluhkan bertambahnya berat badan saat berhenti merokok. Sebenarnya hal ini bukan tanpa alasan, mengingat makan seringkali dijadikan cara pengalihan dari keinginan merokok. 

8. Gangguan Hormon

Jarang diketahui, bahwa gangguan pada hormon juga bisa menyebabkan potensi kegemukan. Di mana hormon ghrelin yang memicu rasa lapar tidak mampu bekerja optimal. Selain itu, ada juga hormon pengatur rasa kenyang atau leptin yang mengalami gangguan. 

9. Faktor Psikologis

Terkadang, kondisi emosional seperti sedih, cemas, atau rasa bosan juga sangatlah mempengaruhi pola makan. Bahkan menurut penelitian, sekitar 30% penderita yang mengalami kondisi kegemukan memiliki masalah dengan psikologisnya. 

10. Kondisi Kesehatan

Perlu Anda ketahui, bahwa beberapa penyakit dapat meningkatkan potensi terjadinya kegemukan. Kondisi penyakit tersebut meliputi gangguan hipotiroidisme, resistensi insulin, Cushing syndrome, Polycystic ovary syndrome atau PCOS, serta gangguan Prader-willy syndrome.

SehatQ.com, menyarankan bagi Anda supaya lebih menjaga berat badan tubuh tetap ideal. Jika ternyata berat tubuh sudah berlebih, sebaiknya lakukan diet sehat sesuai anjuran dokter Selain itu, penting juga melakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan untuk mendapatkan solusi lain dan juga faktor penyebab dari obesitas Anda.  

Belum ada Komentar untuk "Waspadai Faktor Penyebab Obesitas dari SehatQ.com Berikut!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel